Pengikut

Senin, 16 November 2009

ROKOK dan KEGEMUKAN dapat MEMPERCEPAT USIA ADN




Merokok selain membawa sejumlah penyakit, juga dapat mempertua usia seseorang hingga 4,6 tahun. Selain merokok dapat mempertua usia seseorang ternyata kegemukan juga dapat mempertua usia seseorang hingga 9 tahun. Berat badan berlebihan dan merokok dapat membuat seseorang akan menjadi lebih tua dibandingkan dengan orang yang memiliki usia yang sama, yang tidak merokok dan tidak memiliki berat badan yang sama.
Memiliki berat badan yang berlebihan dan perokok akan mempercepat usia ADN (Asam Deoksiribonukleat) seseorang. Disebabkan karena telomer pada ADN akan memendek apabila setiap kali terjadi pembelahan sel. Hal tersebut dapat mengakibatkan masuknya sejumlah penyakit pada tubuh kita. Hal tersebut juga sejalan dengan bertambahnya usia seseorang. Tulisan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap 1.122 pasangan yang ada dalam RS ST. Thomas di London, Inggris. Penelitian ini memakai sampel yang terdiri atas perempuan yang berusia antara 18-76 tahun, 119 di antaranya memiliki berat badan yang cukup besar. 203 orang perempuan jaman sekarang merupakan seorang perokok, dan 369 perempuan yang sebelumnya merokok, tetapi tidak saat ini.
Pemeriksaan dilakukan terhadap sampel darah untuk melihat ADN. Dan ditemukan, panjang telomere dari kromosom berkurang dengan tetap berjalannya usia seseorang. Akan tetapi, telomere dari perempuan yang memiliki berat badan yang berlebihan dan perokok akan jauh lebih dibandingkan dengan perempuan yang usianya sama tetapi memiliki berat badan yang normal dan tidak merokok.
Setiap bungkus rokok dalam setahun (jumlah rokok yang diisap setiap hari dikalikan dengan berapa lama seeorang merokok) sama dengan semakin memendeknya telomere sebesar 18% dari rata – rata pemendekan normal dalam setahun. Hal tersebut berarti, jika seorang perempuan merokok sebanyak 1 bungkus perhari selama 40 tahun maka akan membuat usianya terlihat lebih tua 7,4 tahun. Hasil tersebut dari panjang telomere. Hal ini merupakan penuaan pada seluruh tubuh, termasuk pada organ – organ vital, seperti jantung dan paru-paru. Selain itu rokok juga mengandung sejumlah bahan beracun yang dapat meracuni sel – sel pada tubuh kita dalam tingkat yang paling dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar