Pengikut

Sabtu, 16 Januari 2010

Keunggulan Ceri Florida Sweet

Ceri adalah sejenis tumbuhan dan buahnya yang berasal dari genus prunus. Ada berbagai spesies ceri, diantaranya P. cerasus, P. avium, P. emarginata, dan lain - lain. Di Australia ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, di Amerika dan Eropa Selatan bulan Juni.

Produksi diseluruh dunia saat ini 3 juta ton per tahun. Dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan ceri yang berasal dari Benua Amerika. Ketika buah ini dikenalkan di Florida, langsung diseleksi dan dimuliakan oleh Departemen Pertanian setempat. Tapi prestasi gemilang telah diraih oleh Lembaga Penelitian Pertanian Universitas Florida karena berhasil mengorbitkan varietas unggul super dengan kelebihan tingkat kemanisan yang sangat tinggi.

Varietas ceri super tersebut akhirnya resmi dilepas oleh pemerintah setempat dengan nama florida sweet pada tahun 1956. Varietas ceri terbaru itu merupakan hasil pemuliaan lewat beberapa persilangan sejumlah varietas. Salah satu varietas yang dijadikan keunggulan adalah ceri indian karena memiliki sejumlah keunggulan. Lewat pemuliaan tersebut yang memakan waktu tahunan akhirnya diperoleh ceri varietas florida sweet.
Selain berdaging manis ceri florida sweet punya kelebihan lain Apa? Ternyata ukurannya lebih jumbo dibandingkan ceri - ceri lain di dunia termasuk induknya, ceri indian.

Kalau ceri indian hanya memiliki diameter 1,25 - 2,5 cm, tapi diameter florida sweet mencapai 5 cm, sehingga ukurannya jauh lebih besar ketimbang induknya. Keunggulan lain dari ceri florida sweet kulit tipis dan sedikit berair. Pohonnya bisa tumbuh sampai ketinggian 10 meter lebih. Sedangkan benr\tuk buahnya menyerupai buah apel dengan dominan warna kulit merah ketika masak. DEngan sejumlah keunggulan itu florida sweet dapat menggeser popularitas induknya yakni ceri indian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar