Pengikut

Minggu, 31 Januari 2010

Jurus Jitu Mengatasi Takut Gagal

  • Bersikap Realistis tuntutan untuk selalu memberikan hasil yang sempurna biasa'a menyebabkan anda ragu - ragu dalam bertindak. Jangan terlalu memaksakan diri untuk menjadi orang yang sempurna, bersikap realistis lebih baik cobalah menjadi diri anda sendiri sesuai dengan kemampuan yang anda miliki.
  • Bersikap Rasional ketika rasa takut menyerang diri anda, cobalah untuk bersikap rasional dengan membuat daftar hal - hal yang membuat anda takut gagal dan tidak siap menerimanya. Setelah itu luangkanlah waktu untuk menyiapkan berbagai keperluan untuk mengatasi permasalahan, sehingga anda dapat menghapus daftar hal - hal yang membuat anda takut. Namun jika persaan takut itu masih ada, sadarilah bahwa ketakutan itu timbul karena alasan yang tidak masuk akal dan hanya rasa khawatir yang berbihan.
  • Memanfaatkan Kegagalan kegagalan dalah hal yang wajar muncul dalam proses belajar. Takut gagal muncul karena anda menganggap kegagalan adalah suatu musuh yang harus ditakuti dan sesuatu yang harus dihindari. Padahal jika anda menganggap kegagalan adalah sahabat dalam hidup anda dalam arti sesuatu yang menyertai perjalanan hidup anda, kegagalan beserta penyebabnya akan lebih mudah anda kenali, sehingga memudahkan anda mengantisipasinya.
  • Jangan Tergantung pada Pengakuan Orang Lain Walau terkadang anda memerlukan suntikan motivasi dari orang lain, berhati - hatilah pada dukungan dan pujian dari orang lain. Lebih baik anda memperoleh penghargaan dari diri sendiri dengan cara menghadiahi diri anda sesuatu yang menyenangkan hati jika telah berhasil memenuhi target yang anda inginkan.
  • Jadikan Pengalaman Buruk Sebagai Latihan setiap orang memiliki tingkat ketahanan tertentu dalam mengatasi masalah hidup. Semakin sering anda mengalami masalah hidup, akan semakin tenang anda mengatasi masalah - masalah berikutnya.
  • Instropeksi Cobalah berbicara dengan diri sendiri untuk mencari sumber katakutan dalam diri anda. Jika memang ada kesalahan yang anda perbuat, lakukan perubahan dihari yang akan datang dan selalu tanamkanlah pikiran positif bahwa nad akan mampu membuat perubahan - perubahan yang diperlukan.
  • Pilah - Pilah Kegagalan anda semestinya bisa memilah - milah kegagalan dalam bidang hidup yang satu dan yang lainnya. Jangan berpikiran bahwa anda mengalami kegagalan dalam suatu hal kemudian anda akan mengalami kegagalan dalam hal berikutnya.Kegagalan bukanlah suatu hal menular yang dapat melumpuhkan seluruh sendi - sendi kehidupan anda.
Demikianlah artikel yang telah saya tulis semoga bermanfaat bagi yang membacanya,,,inti dari artikel di atas adalah kegagalan bukan suatu hal yang harus ditakuti tetapi harus dihadapi, dan kita harus selalu optimis dalam mengahadapi hidup walaupun kegagalan selalu ada di dalam hidup kita...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar