Pengikut

Senin, 28 Desember 2009

Waspadalah..... Bahaya Junk Food

Yummy...pasti pada suka makan junk food kan?yupz abis enak si, tapi mungkin kalian belum tahu dampak yang akan didapat dari makanan siap saji itu? Nah dalam kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan tentang bahaya mengkonsumsi junk food yang berlebihan!!!

Junk food memiliki arti makanan dengan kandungan nutrisi yang rendah, seperti snack yang diberi tambahan garam, permen karet, dessert yang manis, burger, fried chicken, dan minuman bersoda dan banyak lagi jenisnya. Biasanya junk food mengandung kadar garam, gula, lemak atau kalori yang tinggi, tetapi nutrisi yang terkandung di dalamnya sangat rendah seperti (vitamin, mineral, dan serat). ngomong - ngomong, jenis makanan yang sering disebut makanan siap saji ini banyak efek samping yang ditimbulkan, seperti kandungan gula di dalamnya dapat menyebabkan terjadinya kavitas (gigi berlubang). Terlalu sering makan makanan yang banyak mengandung gula juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit diabetes.

Junk food juga dapat menyebabkan obesitas (kegemukan) karena adanya nilai kalori yang tinggi, yang akan meningkatkan resiko terjadinya penyakit diabetes, jantung, pembuluh darah, stroke, dan menyebabkan masalah sosial-psikologis. Makanan dengan kadar lmak tinggi (terutama lemak jahat yang terdapat dalam junk food) dapat menyebabkan kadar lemak dalam darah, dan meningkatkan resiko terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah oleh plak lemak).
Selain itu karena banyak mengkonsumsi garam juga dapat menimbulkan penyakit darah tinggi. Junk food mengandung sedikit nutrisi, maka tubuh akan kekurangan vitamin dan mineral apabila terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan juga akan kekurangan antioksidan untuk melawan resiko penyakit kanker. Mungkin saja ada hormon antibiotik yang terkandung dalam junk food yang bisa mengganggu keseimbangan kesehatan tubuh, sistem reproduksi, bahkan juga daat menyebabkan kanker. Mulai sekarang kalian dapat mengganti makanan kalian untuk menghindari junk food.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar