Pengikut

Rabu, 28 Oktober 2009

DATABASE


1.1 Data
Nilai / value yang turut mempresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian (event).


1.2 Informasi
Merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event)yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan.

1.3 Sistem Informasi
Suatu system dalam suatu oganisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

▪ Hardware : CPU, dik, terminal, printer.
▪ Software : Sitem operasi, system database, program pengontrol komunikasi.
▪ Personil : yang mengoperasikan system, menyediakan masukan,menkonsumsi pengeluaran dan melakukan aktivitas manual yang mendukung system.
▪ Data : data yang tersimpan dalam jangka waktu tertentu.
▪ Prosedur : instruksi dan kebijakan untuk mengoperasikan system.


1.4 Database
Kumpulan dari item yang saling berhubunga satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware computer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.


Mengapa Diperlukan Database?

▪ Salah satu komponen penting dalam system informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi
▪ Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat pada waktunya dan relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.
▪ Mengurangi duplikasi data (data redundancy).
▪ Hubungan data dapat ditingkatkan (data relatability).
▪ Mengurangi pemborosan tempat simpan luar.

1.5 Tipe File

File Induk (master file)
File induk acuan (reference master file) : file induk yang recordnya relative statis. Jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran.
File induk dinamik (dinamik master file) : file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah dan sering dimutakhirkan sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalnya file induk data barang, yag setiap saat harus diupdate bila terjadi transaksi.

File Transaksi (transacsion file)
File ini disebut file input : digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan.

File Laporan (report file)
File ini disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan.

File Sejarah (history file)
File ini bisebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip.

File Pelindung (backup file)
File ini merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.



1.6 Relasi (Relational Database Manajement Sistem / RDBMS)

Merupakan sekumpulan data yang disimpan sedemikian rupa sehingga mudah diambil informasinya bagi pengguna, dan data tersebut saling berhubungan. RDBMS merupakan suatu paket perangkat lunak yang kompleks digunakan untuk memanipulasi database.


Ada tiga prinsip dalam RDBMS :

Data definition
Mendefinisikan jenis data yang akan dibuat (dapat berupa angka atau huruf), cara relasi data, validasi dan lainnya.
Data Manipulation
Data yang telah dibuat dan didefinisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan, seperti menyaring data, melakukan proses query
Data Control
Bagian ini berkenaan dengan cara mengendalikan data, seperti siapa saja yang biasa melihat isi data, bagaimana data dapat digunakan oleh banyak user.
Semua operasi output dan input yang berhubungan dengan database harus menggunakan DBMS. Bila pemakai ingin menggunakan database , DBMS menyediakan penghubung atau interface antara pemakai dengan database.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar