Pengikut

Rabu, 22 September 2010

Tahap Perkembangan Aplikasi SMS

Aplikasi SMS berkembang seiring dengan kepopuleran SMS itu sendiri. Aplikasi SMS dikembangkan oleh operator network sebagai dari layanan aplikasi jaringan. Namun demikian dengan tersedianya API (Application Programming Interface) untuk pemrograman aplikasi SMS mebuat berkembangnya aplikasi-aplikasi SMS dari pengembang pihak ketiga.
Berikut ini adalah sejarah berkembangnya aplikasi SMS yang dimulai dari dibangunnya SMS center generasi pertama yang dikembangkan perusahaan telekomunikasi CMG di atas jaringan GSM di Eropa.
 Notifikasi Voice-mail dan SMS Mobile Terminate
Adalahn aplikasi pemberitahuan datangnya SMS dan pengiriman pesan satu arah dari operator ke perangkat mobile pengguna.
 SMS Mobile Orginate
Adalah kemampuan komunikasi SMS secara dua arah, yaitu pelanggan dapat mengirim pesan SMS kepada pelanggan yang lain. Diluncurkannya aplikasi ini menaikkan pengguna SMS sebesar 25% dari semula.
 Notifikasi E-mail
Service e-mail yang menyertakan nomer telepon seluler sehingga pelanggan akan mendapat pemberitahuan apabila dating e-mail ke account pelanggan. Layanan ini menaikkan penggunaan SMS sebesar 20%.
 Layanan Informasi
Layanan penyediaan informasi umum yang dikirimkan lewat pesan SMS, berupa informasi berita, perjalanan, cuaca, berita olahraga, horoscope, dll. Karena kerumitan dalam pembagunan dan seting server penyedia layanan, layanan ini berkembang relative lambat dan hanya menaikkan volume penggunaan SMS sebesar 10%. Berikut ini adalah layanan informasi yang diurutkan dari yang paling sering digunakan oleh pelanggan: informasi nomor telepon, mobile chatting, logos, ringing tones, humor, horoscope, stock, info TV, info musik, info cuaca, info bank, berita hangat.
 Program dan Partner Bisnis
Operator jaringan mulai membuka peluang usaha untuk mengembangkan SMS center yang dibangun untuk membantu proses bisnis dan komunikasi yang ingin dibangun perusahaan menggunakan SMS. SMS Center ini dibangun pada awalnya ditujukan untuk mengembangkan jaringan komunikasi dan usaha dari perusahaan operator jaringan tersebut. Layanan ini dapat menaikkan volume SMS hingga 20%
 SMS Center Generasi Kedua
SMS center ini dibangun atas kebutuhan terhadap perangkat dan aplikasi yang dapat menampung traffic SMS dengan adanya kenaikkan volume penggunaan SMS. Diharapkan SMS Center genrasi baru kehandalan dan kualitas layanan SMS dapat dipertahankan bahkan dinaikkan. Pada tahap ini terbukti kualitas layanan dirasakan meningkat dan volume penggunaan SMS meningkat 10%.
 SMS Internetworking
Merupakan kerjasama antar operator yang memungkinkan pelanggan dari sistem jaringan satu dapat mengakses voice-mail pelanggan dari jaringan yang lain. Sebelumnya SMS hanya dapat dikirim kepada pelanggan lain yang berada dalam satu jaringan. Layanan ini sangat bermanfaat dan mampu melonjakkan volume SMS hingga 50%.
 SMS untuk Pelanggan Pra-Bayar
Dengan layanan ini diharapkan pra-bayar dapat dapat turut menikmati layanan SMS, karena sebelumnya hanya pelanggan pasca-bayar saja yang dapat menggunakan SMS. Diluncurkannya layanan ini membuat volume penggunaan SMS melonjak 100%, dan hal ini sudah diperkirakan karena pelanggan pra-bayar pada umumnya pelanggan dari kaum muda usia yang sangat menggemari layanan untuk saling berkirim SMS.
 Predictive Text Input Phones
Merupakan aplikasi yang terdapat pada handphone pelanggan yang berisi -algoritma yang dapat memperkirakan kata-kata yang akan digunakan untuk menyusun kalimat dalam pesan SMS. Aplikasi ini sangat membantu karena penggunaan SMS person to person masih mendominasi penggunaan SMS, dan untuk itu pelanggan membutuhkan aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat proses penulisan pesan menngunakan tombol-tombol telepon. Diluncurkannya aplikasi ini menaikkan volume SMS sebesar 25%.
 Standarisasi Protokol
Dengan adanya standarisasi protocol seperti WAP dan SIM Toolkit, maka akan member peluang lebih besar kepada pengembang aplikasi dan content developer untuk membangun aplikasi SMS sesuai dengan standard an dapat dioperasikan di jaringan. Dengan perkembangan ini membuat layanan aplikasi menjadi bervariasi sehingga menarik pelanggan, dan menaikkan volume SMS hingga 15%.
 Pengembangan Layanan Keras Pendukung Layanan Messaging
Perangkat keras seperti QWERTY keyboard yang dapat dipasang pada handphone untuk mengetikkan pesan SMS secara cepat dan menaikkan volume SMS sebesar 15%.
Pengembangan aplikasi SMS telah melalui tahap-tahap di atas menjadikan SMS sangat popular dan digemari saat ini. Tahap-tahap ini diyakini tidak akan berhenti dan terus akan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi wireless dan 3G yang tetap menempatkan SMS sebagai layanan utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar