Pengikut

Rabu, 22 September 2010

Kemampuan Jelajah SMS (SMS Roaming)

Kunci sukses SMS terletak pula pada kemampuannya untuk melakukan roaming ke segala penjuru daerah dan dunia. Pelanggan merasa bahwa jika mereka bahwa mereka mampu melakukan komnikasi suara menjelajah jaringan dunia, maka komunikasi menggunakan SMS-pun seharusnya dapat dilakukan demikian. Operator jaringan di dunia pun telah menyadari hal ini dan dapat melakukan berbagai kesepakatan untuk mengeluarkan kebijaksanaan mengenai interkoneksi SMS ke seluruh jaringan wireless.
Sebelum diluncurkan, terdapat 2 kendala untuk dapat dilakukannya roaming SMS. Kendala ini terutama terjadi kepada operator dari negara berbeda atau dengan teknoogi jaringan yang berbeda. Kendala tersebut adalah:
 Perspektif komersial, yaitu kenyataan di mana masing-masing negara memberlakukan biaya dan pelyanan pengiriman SMS yang berbeda-beda. Operator yang memberlakukan harga yang lebih tinggi akan merasa dirugikan, karena pelanggan akan menggunakan nomor service center dari operator yang lain untuk mengirimkan pesan SMS-nya.Kendala ini akhirnya dipecahkan dengan kesepakatan mengenai penyeragaman harga pengiriman SMS untuk seluruh operator jaringan.
 Perspektif tehnikal, yaitu operator jaringan yang kadangkala merasa terganggu dengan kiriman SMS yang berasal dari operator jaringan kompetitornya, karena pada dasarnya pesan SMS adalah menggunakan frame control dan signal pada kanal jaringan yang juga digunakan untuk set-up dial telepon dan pekerjaan control lainnya. Hal ini tentunya membebani jaringan mereka. Kendala ini dapat diselesaikan dengan pemanfaatan aplikasi firewall di server operator.

Namun demikian, untuk pengiriman SMS melalui jaringan GSM tidaklah diperlukan kesepakatan spesifik mengenai roaming SMS. Pada dasarnya roaming internasional untuk pengiriman SMS dapat dapat dilakukan secara otomatis, apabila:
 Operator jaringan GSM di masing-masing negara telah melakukan kesepakatan roaming komunikasi suara
 Operator jaringan GSM di masing-masing negara tersebut mendukung pengiriman SMS
 Persamaan stadar baik harga maupun teknis mengenai pengiriman SMS di masing-masing jaringan

Sumber: Naskah Kursus Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar