Pengikut

Selasa, 16 November 2010

Aksi Demonstrasi Mahasiswa di Makassar Menentang Kedatangan Presiden

Komentar: Kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Makasar di tentang oleh mahasiswa dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) satu hari sebelum kedatangan Presiden.. Aksi demonstrasi mahasiswa di Makassar itu berujung pada lempar batu dengan polisi. Mereka menyampaikan tuntutan, salah satunya, menolak kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Makassar dalam rangka rakor Gubernur se-Indonesia.

Namun, mahasiswa tak sekedar menyampaikan tuntutan. Mereka juga memblokir jalan, membakar ban bekas, bahkan menyandera mobil tanki Pertamina. Melihat demonstrasi yang mengganggu ketertiban umum, polisi pun datang. Namun, jumlah aparat tak sebanding dengan jumlah mahasiswa. Mereka hanya 30 orang, sedangkan para demonstran 200 orang polisi mencoba melakukan negosiasi dengan pihak mahasiswa agar mereka membuka blokade jalan. Namun negoisasi itu buntu, sehingga bentrokan antara demonstran dengan polisi terjadi.

Pasukan anti huru hara lantas balas melempar ke arah mahasiswa. Sesekali terdengar tembakan peringatan. Itupun, tak dihiraukan mahasiswa. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Beberapa orang hanya terlihat luka memar. Polisi menangkap salah satu mahasiswa yang diduga terlibat.

Menurut saya, aksi mahasiswa di atas sungguh sangat memalukan nama baik universitas yang bersangkutan, mungkin kerusuhan tersebut seharusnya tidak perlu terjadi karena seorang mahasiswa tidak pantas berperilaku seperti itu, karena mahasiswa adalah calon pemimpin bangsa. Jadi seharusnya mereka tidak mengambil sikap seperti itu karena akan merugikan orang lain khususnya diri mereka sendiri, bayangkan apabila terjadi sesuatu kepada mereka saat melakukan aksi demonstrasi. Orangtua merekalah yang akan menanggung akibat dari ulah anak – anaknya yang diharapkan setelah lulus kuliah menjadi orang yang sukses sebagai penerus bangsa. Oleh karena itu mulai sekarang janganlah menggunakan kekerasan untuk memecahkan suatu masalah gunakanlah akal sehat agar kita dapat memikirkan akibat yang akan timbul setelah apa yang sudah kita lakukan.

Sumber: http://nasional.vivanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar