Pengikut

Sabtu, 30 Oktober 2010

Tips Cara Merawat Laptop

Laptop adalah barang elektronik yang sangat sensitif bila tidak di jaga secara baik dan tidak melakukan perawatan dengan benar maka Laptop anda akan sering masuk ke tempat service Laptop.Komponen Laptop juga sangat Mahal di bandingkan dengan Komponen PC.Untuk menghindari merogoh uang saku anda sebaiknya anda melakukan Tips Cara merawat Laptop di bawah ini. : Semoga Bermanfaat ^_^

01. Jangan sembarangan mendownload software gratis dari internet.

Terlebih lagi misalnya software yang seolah-olah sebagai suatu antivirus. Gunakan software-software yang telah Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Risiko virus bisa merusak ke dalam laptop Anda jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika Anda tetap ingin menggunakan software hasil download, maka pastikan sudah Anda scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.

02. Jangan memberikan Penutup apapapun termasuk sarung Laptop pada saat Laptop anda dalam keadaan menyala karena berdasarkan pengalaman Laptop teman saya Processor Laptopnya akan mati karena sirkulasi udara yang tidak ada di bawah permukaan Laptop

03. Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display/layar. Kerusakan harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh. Kerusakan LCD biasanya karena terpapar sinar matahari dan tekanan fisik.

04. Rapikanlah kabel-kabel adaptor atau kabel lain yang sedang terhubung dengan laptop, jangan sampai membuat orang lain tersandung.

05. Selain kerusakan harddisk dan LCD, tumpahan cairan adalah penyebab kerusakan laptop yang paling umum, atau pakai selembar film-transparan yang disebut ‘keyboard protector’.

06. Hindari Getaran dan Jauhkan laptop dari alat pengeras suara, misalnya loudspeaker, mesin/kendaraan berat, dan sumber getaran lainnya.

07. Hindarkan laptop dari sinar x-ray di airport.

08. Jaga kebersihan laptop, lap dengan kain bersih atau kapas agar bebas debu.

09. Lindungi modem laptop. Gunakan modem yang mempunyai fitur digital-line guard. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telpon digital PABX atau jalur ISDN. Dan berhati-hatilah ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

10. Dalam iklim Asia, suhu yang lembab bisa jadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan masalah, pastikan laptop tersimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama, simpanlah laptop dalam wadah yang rapat dan masukkan silica gel . Silica gel ini seperti halnya yang terdapat dalam botol obat, kemasan barang2 elektronik (bungkusan kecil bertuliskan ‘Dessicant Silica Gel’). Atau bisa dibeli di toko bahan kimia. Silica gel ini merupakan bahan kimia yg bersifat Higroskopis (menyerap uap air / kelembaban).

11. Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi sewaktu-waktu, di rumah, di kamar hotel atau di kantor. Jika memungkinkan, gunakanlah ’surge-protector’ jika sedang menggunakan AC outlet. Dan jangan lupa membuat back-up data secara rutin.

12. Gunakanlah selalu tas laptop ketika sedang bepergian.

13. Jika ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakanlah kotak pelindung yang kuat, dan bungkuslah dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.

14. Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.

15. Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Sebaiknya serahkan ke teknisi atau service-center terdekat. Karena mungkin saja kerusakan malah akan menjadi semakin berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam masa garansi - membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (warranty seal) yang masih melekat pada laptop.

16. Ketika akan mengangkat laptop yang sedang terbuka, jangan mengangkatnya sambil memegang pada bagian display/layar, angkatlah pada bagian bawah/keyboard

17. Jangan memasukkan disket pada bagian sudutnya. Memasukkan disket setengah-setengah dapat merusak disk-drive. Begitu juga ketika membuka atau menutup tray drive CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Peganglah compact-disc pada bagian pinggir, bukan pada permukaan disk.

18. Jangan mencolokkan kabel modem laptop pada PBX (private branch exchange) atau saluran telpon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched telephone network). Penggunaan saluran telpon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

19. Rawatlah baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

20. Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

21. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

22. Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang rata.

Nb: Kartu Garansi anda Jangan Sampai Hilang dan apabila terjadi kerusakan Fatal terhadap Laptop anda Bawa ke tempat Toko pada saat anda Membeli Laptop dulu.

Sumber: http://devit1104.blogspot.com

Penyebab Kesiangan dan Cara Mengatasinya

Kenapa anak remaja sulit bangun pagi?
Hasil penelitian yang dilakukan Mary Carskadon, profesor psikiatri dari Brown University tahun 2005 mencatat ada sekitar 30 persen remaja yang mengalami gangguan tidur. Usia remaja ini berkisar 10-18 tahun. Anak-anak usia remaja ini membutuhkan tidur waktu tidur 9-10 jam sehari.

Usia remaja adalah saat anak mengalami pubertas. Memasuki periode ini, tubuh remaja akan menyesuaikan diri termasuk waktu jam tidurnya.

Saat puberitas tubuh remaja akan mengalami pergeseran waktu tidur malam sekitar 2 jam dan kebanyakan tidak akan bisa tidur di bawah jam 11 malam. Ketika puber, tubuh remaja akan mengalami perubahan hormon dan hormon melatonin yang merangsang tubuh cepat tidur juga tertunda produksinya.

Bisa saja orangtua menyuruh anak masuk kamar dan tidur jam 10 malam tapi yang terjadi si anak hanya melihat langit-langit kamar dan mungkin baru akan mengantuk sekitar pukul 1 pagi.

Itulah yang menyebabkan remaja kesulitan bangun pagi. Karena jadwal tidurnya lebih larut sementara kebutuhan tidurnya 9 jam yang membuatnya sangat tersiksa bangun di pagi hari.

Jelas saja ini berbeda dengan waktu tidur orangtuanya. Orang dewasa bisa tanpa sadar tertidur pukul 10 malam dan hanya butuh 7-8 jam untuk tidur cukup.

“Remaja seperti berperang ketika harus bangun pagi, tapi itu tidak sepenuhnya kesalahan mereka,” kata Jodi Mindell, pakar gangguan tidur anak dari the Children’s Hospital of Philadelphia seperti dilansir dari Natioanl Sleep Organizaton, Minggu (25/4/2010).

Ritme sirkadian (jam biologis) remaja membuatnya lebih terjaga di malam hari sehingga seringkali remaja tertidur di dalam kelas.

Beberapa sekolah di Minneapolis, Amerika telah mengubah jadwal masuk sekolah dari semula pukul 07.00 menjadi pukul 08.00-08.30. Perubahan jam sekolah ini untuk membantu siswa lebih siap menghadapi pelajarannya.

Namun perubahan hormon bukan satu-satunya yang menjadi penyebab susah tidur remaja. Kebiasaan minum-minuman kafein, tidur di depan TV, tidur dengan cahaya terang juga memicu remaja semakin susah tidur malam.

Mengisi kegiatan dengan esktrakurikuler seperti olahraga atau kegiatan seni akan bagus buat remaja, sehingga ketika malam tubuhnya akan cepat tertidur karena sudah kelelahan.

Membuat jam tidur malam yang teratur buat remaja mungkin sulit, tapi dengan membiasakan memiliki jam tidur teratur akan membantu mengatasi remaja memiliki jam tidur yang baik. Remaja yang kurang tidur akan berpengaruh terhadap emosinya yang menjadi gampang marah dan mudah dipengaruhi hal-hal negatif.

Sebaiknya diperhatikan pula hal-hal yang bisa memperparah gangguan tidur remaja:
• Jauhi minuman kafein dan nikotin yang dapat mengganggu tidur.
• Hindari permainan komputer sebelum tidur.
• Hindari berdebat dengan remaja sebelum tidur.
• Hindari tidur dengan sinar komputer atau TV yang berkelap-kelip di kamarnya.
• Hindari cahaya terang di malam hari sebaiknya matikan lampunya saat tidur yang akan mempercepat produksi hormon melatonin
• Biarkan remaja tidur pada akhir pekan, tetapi tidak lebih dari 2 atau 3 jam agar tidak mengganggu jam tubuh mereka.

berikut ini ada 7 trik mengatasi malas saat bangun pagi !
Gerakan yang tepat di pagi hari akan membuat Anda fokus, bersemangat dan tampak positif meski rutinitas sehari-hari cukup melelahkan.

1. Lihatlah Sesuatu Yang Berwarna
“Ketika mata Anda terbuka dan melihat sesuatu yang berwarna, adrenalin akan terpicu dan seketika itu pula energi Anda akan terdorong,” ujar Leatrice Eiseman, direktur eksekutif dari Pantone Color Institute.
Gunakan warna-warna cerah seperti merah, orange atau kuning pada bantal, selimut atau apapun yang berada dekat area kasur ketika Anda membuka mata untuk pertama kalinya.

2. Bangun dan Lihatlah Bunga Mawar
“Melihat sekuntum bunga mawar ketika terbangun, terutama bagi wanita akan meningkatkan mood dan semangatnya yang akan bertahan sepanjang hari,” ujar Nancy Etcoff, PhD, anggota Harvard Medical School and the Harvard University Mind/Brain/Behavior Initiative.

3. Berhenti Memencet Tombol ‘Snooze’ di Alarm Anda
“Ketika Anda menekan tombol snooze, otak Anda tahu dan akan berkata bahwa bunyi itu akan mati beberapa menit lagi, sehingga Anda akan tertidur lebih pulas. Tapi itu juga artinya Anda akan lebih capek mendengar bunyi itu daripada ketika mendengar bunyi itu pertama kalinya.
“Strategi yang paling tepat adalah menyetel alarm pada jam dimana Anda benar-benar akan bangun, tidak usah menyetelnya lebih awal karena Anda tahu hal itu hanya akan membuat Anda lebih sering menekan tombol snooze,” ujar Jodi Mindell, PhD dari The Sleep Disorders Center at the Children’s Hospital of Philadelphia.

4. Gambarkan Harimu Sejenak
Ketika Anda benar-benar terbangun, tutup mata sejenak dan gambarkan apa yang akan Anda kerjakan pada hari itu dengan penuh semangat dan positif. “Berimajinasi tentang aktivitas selanjutnya akan merangsang otak untuk berpikir dan Anda akan berusaha mewujudkannya ketika benar-benar beraktivitas,” ujar Dana Lightman, PhD, psikolog dai Abington, PA.

5. Minumlah Air Segera Setelah Bangun
Meminum segelas air segera setelah terbangun adalah cara yang baik untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang semalamnya. “Segala sesuatu yang terjadi di dalam tubuh memerlukan air. Tanpa air yang cukup, sistem metabolisme dalam tubuh akan bekerja lebih keras yang dapat menyebabkan melemahnya fungsi organ,” ujar Holly Andersen, MD, seorang asisten profesor di Weill Cornell Medical Center.

6. Biarkan Sinar Matahari Masuk
Sinar matahari yang menyentuh kulit akan membuat Anda lebih terbangun. Bacalah koran di dekat jendela atau keluarlah untuk sekedar minum kopi beberapa menit.
“Cahaya pagi yang masuk ke dalam tubuh bagaikan jam biologis yang akan menghentikan sekresi melatonin, hormon yang membuat seseorang mengantuk dan meningkatkan hormon serotonin yang memicu mood seseorang” ujar James B. Maas, PhD, seorang profesor psikologi di Cornell University.

7. Beri Sedikit Pijatan Di Wajah
Memijat area di sekitar wajah akan meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat bangun tidur. Mulailah memijat dari daerah kening, pipi, pukul-pukul dengan telapak tangan, kemudian daerah dagu dan akhirnya seluruh bagian wajah. Selain meningkatkan sirkulasi darah, gerakan memijat bisa membuat Anda berpijar dengan cepat.

Presiden 2014

Sri Mulyani berpotensi jadi presiden 2014'

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan Sri Mulyani yang pernah menjabat sebagai Menteri Keuangan di Indonesia, cukup berpotensi untuk menjadi Presiden pada pemilu 2014 mendatang.

“Bahwa dia pernah menjabat sebagai menteri keuangan, jabatan yang bergengsi, dia berpotensi untuk menjadi salah satu tokoh Nasional [Presiden],” ujarnya di Gedung DPR RI hari ini.

Namun, mantan ketua DPR RI ini mengungkapkan agar permasalahan pengangkatan calon Presiden pada Pemilu 2014 jangan dulu dijadikan prioritas karena masih banyak hal yang harus dibenahi di negara Indonesia.

“Pemilu juga masih lama. Sekarang ini kita harus lebih fokus pada tugas nasional yang ada di hadapan kita. “Kita lihat saja nanti situasi perpolitikan 2014 yang nanti akan muncul menjadi pemimpin. Pada waktunya kita akan lihat bagaimana pergantian kepemimpinan di atur,” katanya.

Berkaitan dengan kasus Century yang masih dihubung-hubungkan dengan Sri Mulyani, Politisi Golkar ini mengatakan bahwa jangan dulu berprasangka negatif tentang Sri Mulyani karena hal tersebut merupakan ranah hukum.

“Prihal dia tersandung kasus Century, kita tidak bisa berprasangka dia. Itu harus melalui proses hukum,” jelasnya.

Akbar berharap DPR segera menindaklanjuti kasus Century yang saat ini masih terus bergulir agar misteri yang tersembunyi di balik kasus ini dapat segera terungkap. “Saya harap fraksi-fraksi di DPR serta badan pengawas bersungguh-sunggung menindaklanjuti kasus ini. Kita ingin Century segera dibuka agar semua menjadi jelas dan terang,” tegasnya. (rni)

Sumber: http://web.bisnis.com

Penyebab Tsunami di Mentawai

Staf Khusus Presiden Bidang Bencana Andi Arief mengaku kehilangan waktu 12 jam pertama dalam menangani tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Penyebabnya, pemerintah tidak langsung mengetahui tsunami terjadi di lokasi tersebut.

"Pagi-pagi kita baru tahu dari media asing ada tsunami," kata Andi dalam diskusi Polemik Trijaya di Warung Daun Cikini, Sabtu 30 Oktober 2010.

Menurut dia, sampai saat ini, pemerintah belum menerima kronologi lengkap tsunami tersebut.

Andi mengaku seputar tsunami itu terjadi simpang siur informasinya, ada yang menyebut tujuh meter atau enam meter. "Kita banyak skali heli-heli, satuan cepat BPBD, Polri, TNI, dan itu baru berfungsi Rabu pagi. Itu pun hasil pertemuan malam di rumah gubernur untuk pengaturan posko," katanya.

Sedangkan Deputi Geofisika BMKG Prih Harjadi menuturkan, pihaknya tidak pernah mencabut peringatan dini tsunami. "Ini yang perlu kita luruskan. Ada ketidaksamaan persepsi, tidak mencabut tapi peringatan dini tsunami berakhir. Itu artinya, ancaman tsunami daerah tersebut berakhir," katanya.

Menurut dia, tsunami yang terjadi di Mentawai waktunya sangat cepat, berbeda dengan tsunami di Padang yang terjadi sekitar 30-40 menit setelah gempa. Penduduk Mentawai merupakan masyarakat pertama yang akan merasakan tsunami bila gempa besar terjadi di daerah tersebut.

"Masyarakat Mentawai merupakan bemper, sehingga sebagai bemper mereka harus mendapatkan pendidikan untuk bisa memahami dan lebih sigap," katanya.

Andi Arief justru berpandangan lebih pesimistis pada masa depan kepulauan Mentawai sebagai tempat tinggal. Menurutnya, tidak ada jalan lain untuk masyarakat Mentawai yang saat ini menjadi korban tsunami selain merelokasi mereka semuanya ketempat yang lebih aman.

"Untuk Mentawai memang tidak ada obatnya, kecuali merelokasikan masyarakatnya ke tempat yang lebih aman. Sebab, bukan hanya tsunami yang mengancam, tetapi kemungkinan lama-kelamaan pulau akan jatuh," ujarnya.

Andi mengakui, merelokasi bukan pilihan mudah bagi pemerintah, tetapi harus menjalani proses yang panjang untuk memberikan pengertian kepada masyarakat di Mentawai.

Sumber: http://nasional.vivanews.com

Selasa, 26 Oktober 2010

INTERACTING COGNITIVE SUBSYSTEM

Tulisan ini memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan dalam keahlian oleh informasi yang direpresentasikan dalam kode mental yang berbeda. Yang kedua adalah menciptakan beberapa link antara penelitian dalam domain pemecahan masalah yang lebih tradisional dan penelitian dalam domain interaksi manusia-komputer. (1985,1987) model Barnard pengolahan informasi manusia, Kognitif Berinteraksi Subsistem (ICS), disebut luas dalam rangka untuk melakukan hal ini. Kerangka ICS membedakan beberapa subsistem yang berbeda, masing-masing khusus untuk memproses informasi direpresentasikan dalam kode mental tertentu. Makalah ini mengeksplorasi hubungan antara tugas-tugas dan berbagai jenis representasi mental. Contoh dari domain pemecahan masalah tradisional dan dari domain interaksi manusia-komputer dianalisis dalam hal persyaratan mereka untuk kelas yang berbeda dari representasi mental untuk menunjukkan bagaimana pendekatan yang memberikan wawasan yang berguna dalam perkembangan perilaku terampil.

Kata kunci: interaksi manusia-komputer, representasi pengetahuan; subsistem kognitif

Kognitif Berinteraksi Subsytems (ICS) adalah model sistemik komprehensif dari organisasi dan fungsi sumber daya yang mendasari kognisi manusia. dalam makalah ini kita menggunakan ICS untuk menyediakan suatu kerangka kerja konseptual untuk memahami hubungan kognitif-afektif normal dan disfungsional, dan modifikasi mereka.

ICS mengusulkan subsistem berinteraksi sembilan kognitif, masing-masing khusus untuk menangani jenis informasi khusus. Kami menggambarkan operasi ICS dan rekening perusahaan pengembangan emosi dan produksi. ICS menekankan pentingnya, sebagai bagian dari konfigurasi total emosi kognitif memproduksi, dari tingkat sintetik skema pengolahan yang terintegrasi baik makna proposisional dan kontribusi sensorik langsung. Pengolahan pada tingkat ini sesuai, subyektif, untuk holisitc "rasa" atau "perasaan" daripada pikiran atau gambar. Kami menggambarkan penekanan ini dengan perbandingan ICS dengan model yang mendasari terapi kognitif.

Dengan menerapkan ICS untuk pemeliharaan depresi, kami menggambarkan pentingnya configural dan aspek pola sensitif pengolahan kognitif dalam pendekatan ini. pertimbangan serupa, pada tingkat yang lebih rinci, memungkinkan kita untuk menerapkan ICS untuk menyelesaikan beberapa anomali memori mood kongruen.
Subsistem Berinteraksi Kognitif
Gambaran yang lebih besar - terhadap sebuah teori-makro arsitektur mental


Kebanyakan teori-teori dalam psikologi mencoba menjelaskan berbagai fenomena sempit di daerah tertentu kompetensi mental, seperti memori, bahasa, pemahaman atau perhatian visual. teori-teori tersebut dapat dianggap sebagai Micro-teori dalam arti bahwa mereka hanya bagian-bagian alamat lengkap kemampuan mental. Dalam konteks ini praktis hampir semua kompetensi mental bekerja sama. Meskipun banyak teori mengatakan sesuatu tentang bagaimana satu jenis kemampuan mental yang berhubungan dengan yang lain, beberapa melakukannya dengan cara yang seimbang - yaitu pada tingkat setara detail. Kognitif Berinteraksi Subsistem adalah bentuk Macro-teori yang berusaha untuk melakukan hal itu. Makro-teori ini bertujuan untuk memahami bagaimana semua komponen yang berbeda dari mekanisme mental dikonfigurasi, apa representasi yang menggunakan komponen dan dinamika keseluruhan interaksi mereka secara real time. Tujuan mengintegrasikan lebih dari daerah memiliki sejarah panjang dalam psikologi dengan, misalnya, Newell (1990) berdebat untuk "teori Unified Kognisi." Pendekatan kami, sedangkan dalam semangat yang sama, memberikan penekanan lebih besar pada "seluruh sistem" - termasuk peran kuat bagi perwujudan dan emosi.


Catatan: Anda dapat men-download beberapa animasi interaktif ICS dengan menggulir ke bagian bawah halaman ini.
Sebuah subsistem sembilan arsitektur mental


Diagram di bawah merupakan "penuh" arsitektur ICS - sumber daya yang terlibat agak rumit, tapi ketika kita mempertimbangkan berbagai lengkap kemampuan mental kita miliki, ini hanya untuk diharapkan. Ada sembilan jenis representasi dalam sistem ini, tapi semua subsistem yang dibangun dari jumlah minimal seperti yang ditunjukkan dalam elemen kunci di dasar diagram.




Teori ini mengasumsikan bahwa arsitektur mental kita terdiri dari sembilan subsistem. Setiap subsistem memiliki struktur internal yang sama. Informasi tiba di subsistem, adalah disalin ke dalam merekam gambar dan diubah untuk digunakan dalam subsistem lain. Subsistem berbeda dalam input dan output - mereka masing-masing spesialisasi dalam penyimpanan dan pengolahan bentuk kualitatif berbeda dari representasi mental. ICS menekankan bahwa aktivitas mental terjadi pada domain mulitple pada saat yang sama - yang bersamaan.
Kunci sumber


Barnard, P.J. dan Teasdale, J.D. (1991). Berinteraksi subsistem kognitif: Sebuah pendekatan sistemik untuk interaksi kognitif-afektif dan perubahan. Kognisi dan Emosi, 5, 1-39.

Teasdale, J.D. dan Barnard, P.J. (1993). Mempengaruhi, Kognisi dan Perubahan: Re-pemodelan Depressive Pemikiran. Hove: Lawrence Erlbaum Associates

Teasdale, J.D. (1999). Emosional pengolahan, tiga mode pikiran, dan pencegahan relaps dalam depresi. Perilaku Penelitian dan Terapi, 37, S53-S77.

Barnard, P.J. (1999). Kognitif Berinteraksi Subsistem: fenomena memori pemodelan bekerja dalam arsitektur multi-prosesor. Dalam: Miyake, A & Shah, P. (Eds) Model Memory Kerja: Mekanisme Pemeliharaan Aktif dan Kontrol Eksekutif, Bab 9,, pp 298-339 Cambridge: Cambridge University Press.

dan bagi mereka yang suka tantangan - sumber berikut ini membahas penggunaan makro-teori secara rinci dalam konteks dari domain "APU" aplikasi

Barnard, P., Mei, J., Duke, D. & Duce, D. (2000). Sistem, Interaksi dan Macrotheory. ACM Transaksi di Interaksi Manusia Komputer, 7, 222-262.
Saat proyek


Ide pengembangan makro-teori, seperti upaya dalam AI untuk membangun teori unified kognisi, proyek yang menantang dan ambisius. Its pembangunan dan kemajuan tidak bisa, sifatnya, akan difokuskan pada rentang kecil paradigma empiris. Menjelajahi konsekuensi dari gagasan ini berarti bahwa ia harus mengatasi banyak berbeda "buku teks" topik.

proyek-proyek saat ini meliputi pengembangan teori dasar, penyelidikan empiris tentang bagaimana dua tingkat makna dalam ICS berinteraksi untuk menghasilkan "eksekutif" kontrol dan beberapa studi mekanisme saraf. Mereka saat ini diuraikan pada website ini:

* Menerapkan teori ICS dalam konteks klinis
* Sebuah proses novel rekening Anorexia Nervosa
* Penelitian Bipolar Disorder
* SenseCam proyek Alzheimer
*

ICS dan evolusi kemampuan kognitif dan emosi halus
* Mood dan memori
* Arti perhatian dan suasana hati
* Kegelisahan dan perhatian terhadap arti ancaman terkait
* Konseptual memori yang tersirat dalam dysphoria
* Perhatian, dan memori untuk, gambar dengan dampak
* Otomatis pemrosesan kognisi moral
* Memperhatikan makna sosial (fMRI studi)
* Diwujudkan Kognisi

Perspektif evolusioner


Ide-ide kunci di balik ICS benar-benar cukup sederhana. Meskipun demikian, dengan 9 subsistem, masing-masing dengan beberapa komponen, masih sangat sulit untuk berpikir tentang bagaimana sistem yang kompleks seperti yang digambarkan dalam angka di atas benar-benar bekerja. Dalam pandangan kami, kerumitan pasti akan terjadi ketika beberapa entitas berinteraksi dari waktu ke waktu. Dua sumber yang dapat membantu untuk memahami apa yang terlibat - satu adalah untuk mengakses animasi (lihat di bawah) yang secara grafis menggambarkan "pemrosesan konkuren". Yang lainnya adalah untuk mempertimbangkan bagaimana sembilan subsistem bisa berevolusi dari yang sangat sederhana yang kurang citra verbal dan spasial serta makna proposisional.
Sebuah subsistem empat arsitektur mental


Meskipun kami berpendapat bahwa sembilan subsistem yang diperlukan untuk menghitung semua seluk-beluk kognisi manusia dan mempengaruhi, kita mungkin akan (terbaik) perlu hanya empat untuk memperhitungkan kemampuan mental dan perilaku kebanyakan mamalia. Arsitektur mental sangat sederhana ditunjukkan di bawah ini. Memiliki subsistem multimodal tunggal di tengahnya menambah rute yang lebih langsung untuk pengendalian tindakan berdasarkan kontinjensi lintas modal.



Sebuah lintasan bagi evolusi kognisi manusia dan mempengaruhi


Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini kami telah mengusulkan mekanisme rinci, sebuah pengolahan informasi analog pembelahan sel dalam biologi, yang dapat menyebabkan subsistem putri berturut-turut berkembang sepanjang lintasan evolusi yang memuncak dalam arsitektur 9-subsistem yang ditunjukkan di atas. Berpikir tentang bagaimana mengontrol tindakan mungkin telah berturut-turut ditambah dengan tambahan jenis representasi dan proses adalah salah satu cara secara bertahap datang untuk mengatasi dengan seluk-beluk arsitektur paralel yang sangat dinamis. Lintasan evolusi diuraikan di bawah ini berikut urutan yang memberikan arsitektur 6-subsistem untuk kera besar modern dan nenek moyang terakhir bersama dengan mereka. Logika bahwa berikut dari mekanisme yang diusulkan kami menegaskan bahwa harus ada (sekarang sudah punah) spesies dengan 7 - dan arsitektur 8-subsistem. Argumen komputasi yang lintasan evolusi, ditunjukkan di bawah ini, didasarkan mendukung kesimpulan spekulatif yang akan dibuat tentang sifat-sifat kognisi hominin serta tentang emosi mereka.

Grafik lintasan evolusi dari mamalia dasar untuk Homo sapiens sapiens



Untuk lebih lanjut tentang ini sudut pandang teoritis tentang bagaimana kemampuan canggih kami di kognisi dan emosi dapat berevolusi melihat

Barnard, PJ, Duke, DJ, Byrne, RW & Davidson, (2007). Diferensiasi dalam arti kognitif dan emosional: analisis evolusioner Kognisi dan Emosi, 21 (6), 1155-1183.

Dua makalah lebih lanjut isu-isu evolusi istimewa

Barnard, P.J. (2010). Dari mekanisme eksekutif yang mendasari persepsi dan tindakan untuk pengolahan paralel makna. Antropologi saat ini, 51, S1, S39-S54.

Makalah ini terakhir disiapkan untuk A simposium Wenner-Gren pada evolusi memori kerja yang terjadi di Cascais, Portugal pada Maret 2008.

Beberapa isu yang lebih luas yang perlu ditangani dalam berhubungan otak, teori kognitif dan perilaku untuk interpretasi dari catatan arkeologi menggunakan alat oleh hominins dini dibahas dalam

Animasi interaktif ICS


Untuk memahami sistem dinamis Anda harus berpikir tentang dua hal - (1) Prinsip yang mengatur aliran informasi dan prinsip-prinsip yang mendasari strucuture representasi mental, dan (2) Bagaimana komponen mulitple dalam suatu sistem berinteraksi secara real time. Mental kegiatan dapat dianggap dalam banyak cara yang sama dengan perilaku tim. Anggota perorangan dari tim masing-masing melakukan sesuatu yang berbeda tetapi aktivitas conjoint mereka terkoordinasi dan dibatasi oleh aturan umum.

Anda dapat menjelajahi paket interaktif sederhana animasi yang menunjukkan aliran informasi antara subsistem ICS. Ini adalah versi-down memotong dari paket yang lebih besar digunakan untuk memberikan ceramah. Versi ini berfokus pada bagaimana fungsi eksekutif pusat dapat diimplementasikan dalam suatu sistem terdistribusi. Hal ini terutama ditujukan untuk orang yang telah membaca kertas atau dua di ICS, atau sudah mendengar bicara. Hal ini tidak benar-benar dimaksudkan sebagai berdiri sendiri tutorial. Jika Anda melihatnya, pastikan untuk pergi melalui gambaran yang pertama! Demo penuh perlu waktu untuk mengeksplorasi - tetapi Anda bisa melepaskan diri kapan saja. Anda dapat men-download file zip dari animasi dimainkan

untuk [zip] compatibles IBM

untuk [zip] Mac OSX.

Gambar di bawah ini menunjukkan menu utama tapi ini bukan interaktif - kita harus memiliki versi shockwave di web segera.

Animasi ini memberikan ilustrasi dinamis dari pendekatan ICS untuk "mekanisme eksekutif pusat" dan beberapa ilustrasi dari pola arus informasi configural berpendapat untuk pindah ke ekstrem di psychopathologies kunci.

Ada juga sebuah dokumen tutorial yang tersedia yang digunakan untuk mengajar orang sifat dasar representasi mental di ICS. Ini ditujukan pada desain grafis display, tapi prinsip ini menjelaskan sekali lagi umum:

Mei, J., Scott, S. dan Barnard, P. (1995) Penataan Menampilkan: panduan psikologis. Tutorial Eurographics Catatan Seri. PS95 TN4, ISSN 1017-4656 Jenewa: Asosiasi Eropa untuk Grafik Komputer.


Sumber: http://google.com

INTERACTING COGNITIVE SUBSYSTEM

Makalah ini memiliki dua tujuan utama. Yang pertama adalah untuk mengeksplorasi peran yang dimainkan dalam keahlian oleh informasi yang direpresentasikan dalam kode mental yang berbeda. Yang kedua adalah menciptakan beberapa link antara penelitian dalam domain pemecahan masalah yang lebih tradisional dan penelitian dalam domain interaksi manusia-komputer. (1985,1987) model Barnard pengolahan informasi manusia, Kognitif Berinteraksi Subsistem (ICS), disebut luas dalam rangka untuk melakukan hal ini. Kerangka ICS membedakan beberapa subsistem yang berbeda, masing-masing khusus untuk memproses informasi direpresentasikan dalam kode mental tertentu. Makalah ini mengeksplorasi hubungan antara tugas-tugas dan berbagai jenis representasi mental. Contoh dari domain pemecahan masalah tradisional dan dari domain interaksi manusia-komputer dianalisis dalam hal persyaratan mereka untuk kelas yang berbeda dari representasi mental untuk menunjukkan bagaimana pendekatan yang memberikan wawasan yang berguna dalam perkembangan perilaku terampil.

Kata kunci: interaksi manusia-komputer, representasi pengetahuan; subsistem kognitif

Kognitif Berinteraksi Subsytems (ICS) adalah model sistemik komprehensif dari organisasi dan fungsi sumber daya yang mendasari kognisi manusia. dalam makalah ini kita menggunakan ICS untuk menyediakan suatu kerangka kerja konseptual untuk memahami hubungan kognitif-afektif normal dan disfungsional, dan modifikasi mereka.

ICS mengusulkan subsistem berinteraksi sembilan kognitif, masing-masing khusus untuk menangani jenis informasi khusus. Kami menggambarkan operasi ICS dan rekening perusahaan pengembangan emosi dan produksi. ICS menekankan pentingnya, sebagai bagian dari konfigurasi total emosi kognitif memproduksi, dari tingkat sintetik skema pengolahan yang terintegrasi baik makna proposisional dan kontribusi sensorik langsung. Pengolahan pada tingkat ini sesuai, subyektif, untuk holisitc "rasa" atau "perasaan" daripada pikiran atau gambar. Kami menggambarkan penekanan ini dengan perbandingan ICS dengan model yang mendasari terapi kognitif.

Dengan menerapkan ICS untuk pemeliharaan depresi, kami menggambarkan pentingnya configural dan aspek pola sensitif pengolahan kognitif dalam pendekatan ini. pertimbangan serupa, pada tingkat yang lebih rinci, memungkinkan kita untuk menerapkan ICS untuk menyelesaikan beberapa anomali memori mood kongruen.
Subsistem Berinteraksi Kognitif
Gambaran yang lebih besar - terhadap sebuah teori-makro arsitektur mental


Kebanyakan teori-teori dalam psikologi mencoba menjelaskan berbagai fenomena sempit di daerah tertentu kompetensi mental, seperti memori, bahasa, pemahaman atau perhatian visual. teori-teori tersebut dapat dianggap sebagai Micro-teori dalam arti bahwa mereka hanya bagian-bagian alamat lengkap kemampuan mental. Dalam konteks ini praktis hampir semua kompetensi mental bekerja sama. Meskipun banyak teori mengatakan sesuatu tentang bagaimana satu jenis kemampuan mental yang berhubungan dengan yang lain, beberapa melakukannya dengan cara yang seimbang - yaitu pada tingkat setara detail. Kognitif Berinteraksi Subsistem adalah bentuk Macro-teori yang berusaha untuk melakukan hal itu. Makro-teori ini bertujuan untuk memahami bagaimana semua komponen yang berbeda dari mekanisme mental dikonfigurasi, apa representasi yang menggunakan komponen dan dinamika keseluruhan interaksi mereka secara real time. Tujuan mengintegrasikan lebih dari daerah memiliki sejarah panjang dalam psikologi dengan, misalnya, Newell (1990) berdebat untuk "teori Unified Kognisi." Pendekatan kami, sedangkan dalam semangat yang sama, memberikan penekanan lebih besar pada "seluruh sistem" - termasuk peran kuat bagi perwujudan dan emosi.


Catatan: Anda dapat men-download beberapa animasi interaktif ICS dengan menggulir ke bagian bawah halaman ini.
Sebuah subsistem sembilan arsitektur mental


Diagram di bawah merupakan "penuh" arsitektur ICS - sumber daya yang terlibat agak rumit, tapi ketika kita mempertimbangkan berbagai lengkap kemampuan mental kita miliki, ini hanya untuk diharapkan. Ada sembilan jenis representasi dalam sistem ini, tapi semua subsistem yang dibangun dari jumlah minimal seperti yang ditunjukkan dalam elemen kunci di dasar diagram.




Teori ini mengasumsikan bahwa arsitektur mental kita terdiri dari sembilan subsistem. Setiap subsistem memiliki struktur internal yang sama. Informasi tiba di subsistem, adalah disalin ke dalam merekam gambar dan diubah untuk digunakan dalam subsistem lain. Subsistem berbeda dalam input dan output - mereka masing-masing spesialisasi dalam penyimpanan dan pengolahan bentuk kualitatif berbeda dari representasi mental. ICS menekankan bahwa aktivitas mental terjadi pada domain mulitple pada saat yang sama - yang bersamaan.
Kunci sumber


Barnard, P.J. dan Teasdale, J.D. (1991). Berinteraksi subsistem kognitif: Sebuah pendekatan sistemik untuk interaksi kognitif-afektif dan perubahan. Kognisi dan Emosi, 5, 1-39.

Teasdale, J.D. dan Barnard, P.J. (1993). Mempengaruhi, Kognisi dan Perubahan: Re-pemodelan Depressive Pemikiran. Hove: Lawrence Erlbaum Associates

Teasdale, J.D. (1999). Emosional pengolahan, tiga mode pikiran, dan pencegahan relaps dalam depresi. Perilaku Penelitian dan Terapi, 37, S53-S77.

Barnard, P.J. (1999). Kognitif Berinteraksi Subsistem: fenomena memori pemodelan bekerja dalam arsitektur multi-prosesor. Dalam: Miyake, A & Shah, P. (Eds) Model Memory Kerja: Mekanisme Pemeliharaan Aktif dan Kontrol Eksekutif, Bab 9,, pp 298-339 Cambridge: Cambridge University Press.

dan bagi mereka yang suka tantangan - sumber berikut ini membahas penggunaan makro-teori secara rinci dalam konteks dari domain "APU" aplikasi

Barnard, P., Mei, J., Duke, D. & Duce, D. (2000). Sistem, Interaksi dan Macrotheory. ACM Transaksi di Interaksi Manusia Komputer, 7, 222-262.
Saat proyek


Ide pengembangan makro-teori, seperti upaya dalam AI untuk membangun teori unified kognisi, proyek yang menantang dan ambisius. Its pembangunan dan kemajuan tidak bisa, sifatnya, akan difokuskan pada rentang kecil paradigma empiris. Menjelajahi konsekuensi dari gagasan ini berarti bahwa ia harus mengatasi banyak berbeda "buku teks" topik.

proyek-proyek saat ini meliputi pengembangan teori dasar, penyelidikan empiris tentang bagaimana dua tingkat makna dalam ICS berinteraksi untuk menghasilkan "eksekutif" kontrol dan beberapa studi mekanisme saraf. Mereka saat ini diuraikan pada website ini:

* Menerapkan teori ICS dalam konteks klinis
* Sebuah proses novel rekening Anorexia Nervosa
* Penelitian Bipolar Disorder
* SenseCam proyek Alzheimer
*

ICS dan evolusi kemampuan kognitif dan emosi halus
* Mood dan memori
* Arti perhatian dan suasana hati
* Kegelisahan dan perhatian terhadap arti ancaman terkait
* Konseptual memori yang tersirat dalam dysphoria
* Perhatian, dan memori untuk, gambar dengan dampak
* Otomatis pemrosesan kognisi moral
* Memperhatikan makna sosial (fMRI studi)
* Diwujudkan Kognisi

Perspektif evolusioner


Ide-ide kunci di balik ICS benar-benar cukup sederhana. Meskipun demikian, dengan 9 subsistem, masing-masing dengan beberapa komponen, masih sangat sulit untuk berpikir tentang bagaimana sistem yang kompleks seperti yang digambarkan dalam angka di atas benar-benar bekerja. Dalam pandangan kami, kerumitan pasti akan terjadi ketika beberapa entitas berinteraksi dari waktu ke waktu. Dua sumber yang dapat membantu untuk memahami apa yang terlibat - satu adalah untuk mengakses animasi (lihat di bawah) yang secara grafis menggambarkan "pemrosesan konkuren". Yang lainnya adalah untuk mempertimbangkan bagaimana sembilan subsistem bisa berevolusi dari yang sangat sederhana yang kurang citra verbal dan spasial serta makna proposisional.
Sebuah subsistem empat arsitektur mental


Meskipun kami berpendapat bahwa sembilan subsistem yang diperlukan untuk menghitung semua seluk-beluk kognisi manusia dan mempengaruhi, kita mungkin akan (terbaik) perlu hanya empat untuk memperhitungkan kemampuan mental dan perilaku kebanyakan mamalia. Arsitektur mental sangat sederhana ditunjukkan di bawah ini. Memiliki subsistem multimodal tunggal di tengahnya menambah rute yang lebih langsung untuk pengendalian tindakan berdasarkan kontinjensi lintas modal.



Sebuah lintasan bagi evolusi kognisi manusia dan mempengaruhi


Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini kami telah mengusulkan mekanisme rinci, sebuah pengolahan informasi analog pembelahan sel dalam biologi, yang dapat menyebabkan subsistem putri berturut-turut berkembang sepanjang lintasan evolusi yang memuncak dalam arsitektur 9-subsistem yang ditunjukkan di atas. Berpikir tentang bagaimana mengontrol tindakan mungkin telah berturut-turut ditambah dengan tambahan jenis representasi dan proses adalah salah satu cara secara bertahap datang untuk mengatasi dengan seluk-beluk arsitektur paralel yang sangat dinamis. Lintasan evolusi diuraikan di bawah ini berikut urutan yang memberikan arsitektur 6-subsistem untuk kera besar modern dan nenek moyang terakhir bersama dengan mereka. Logika bahwa berikut dari mekanisme yang diusulkan kami menegaskan bahwa harus ada (sekarang sudah punah) spesies dengan 7 - dan arsitektur 8-subsistem. Argumen komputasi yang lintasan evolusi, ditunjukkan di bawah ini, didasarkan mendukung kesimpulan spekulatif yang akan dibuat tentang sifat-sifat kognisi hominin serta tentang emosi mereka.

Grafik lintasan evolusi dari mamalia dasar untuk Homo sapiens sapiens



Untuk lebih lanjut tentang ini sudut pandang teoritis tentang bagaimana kemampuan canggih kami di kognisi dan emosi dapat berevolusi melihat

Barnard, PJ, Duke, DJ, Byrne, RW & Davidson, (2007). Diferensiasi dalam arti kognitif dan emosional: analisis evolusioner Kognisi dan Emosi, 21 (6), 1155-1183.

Dua makalah lebih lanjut isu-isu evolusi istimewa

Barnard, P.J. (2010). Dari mekanisme eksekutif yang mendasari persepsi dan tindakan untuk pengolahan paralel makna. Antropologi saat ini, 51, S1, S39-S54.

Makalah ini terakhir disiapkan untuk A simposium Wenner-Gren pada evolusi memori kerja yang terjadi di Cascais, Portugal pada Maret 2008.

Beberapa isu yang lebih luas yang perlu ditangani dalam berhubungan otak, teori kognitif dan perilaku untuk interpretasi dari catatan arkeologi menggunakan alat oleh hominins dini dibahas dalam

Animasi interaktif ICS


Untuk memahami sistem dinamis Anda harus berpikir tentang dua hal - (1) Prinsip yang mengatur aliran informasi dan prinsip-prinsip yang mendasari strucuture representasi mental, dan (2) Bagaimana komponen mulitple dalam suatu sistem berinteraksi secara real time. Mental kegiatan dapat dianggap dalam banyak cara yang sama dengan perilaku tim. Anggota perorangan dari tim masing-masing melakukan sesuatu yang berbeda tetapi aktivitas conjoint mereka terkoordinasi dan dibatasi oleh aturan umum.

Anda dapat menjelajahi paket interaktif sederhana animasi yang menunjukkan aliran informasi antara subsistem ICS. Ini adalah versi-down memotong dari paket yang lebih besar digunakan untuk memberikan ceramah. Versi ini berfokus pada bagaimana fungsi eksekutif pusat dapat diimplementasikan dalam suatu sistem terdistribusi. Hal ini terutama ditujukan untuk orang yang telah membaca kertas atau dua di ICS, atau sudah mendengar bicara. Hal ini tidak benar-benar dimaksudkan sebagai berdiri sendiri tutorial. Jika Anda melihatnya, pastikan untuk pergi melalui gambaran yang pertama! Demo penuh perlu waktu untuk mengeksplorasi - tetapi Anda bisa melepaskan diri kapan saja. Anda dapat men-download file zip dari animasi dimainkan

untuk [zip] compatibles IBM

untuk [zip] Mac OSX.

Gambar di bawah ini menunjukkan menu utama tapi ini bukan interaktif - kita harus memiliki versi shockwave di web segera.

Animasi ini memberikan ilustrasi dinamis dari pendekatan ICS untuk "mekanisme eksekutif pusat" dan beberapa ilustrasi dari pola arus informasi configural berpendapat untuk pindah ke ekstrem di psychopathologies kunci.

Ada juga sebuah dokumen tutorial yang tersedia yang digunakan untuk mengajar orang sifat dasar representasi mental di ICS. Ini ditujukan pada desain grafis display, tapi prinsip ini menjelaskan sekali lagi umum:

Mei, J., Scott, S. dan Barnard, P. (1995) Penataan Menampilkan: panduan psikologis. Tutorial Eurographics Catatan Seri. PS95 TN4, ISSN 1017-4656 Jenewa: Asosiasi Eropa untuk Grafik Komputer.


Sumber: http://google.com

Sabtu, 09 Oktober 2010

My Biography

Saya bernama Rani Lestari yang akrab dipanggil Rani. Saya dilahirkan pada tahun 1990 di Jakarta. Saya dilahirkan dari pasangan Hasan dan Sri Hartini, anak ke-2 dari dua bersaudara. Pada tahun 1995 saya mulai bersekolah di Taman Kanak-kanak yang lokasinya masih di daerah Jakarta. Saya menempuh pendidikan TK sampai tahun 1996, setelah lulus TK kami sekelurga pindah ke Cikampek Kab.Karawang. Setelah pindah ke Cikampek saya meneruskan sekolah dasar tahun 1996 sampai dengan tahun 2002. Banyak perubahan yang saya alami setelah pindah ke Cikampek seperti suasananya yang sangat sepi dan pada saat itu di perumahan tempat saya tinggal belum ada listrik, kami sekeluarga kalau malam hari menyambung listrik dari warga asli sekitar tempat saya tinggal. Saya sempat merasa tidak betah saat itu tinggal di Cikampek, saya sering menangis apabila malam telah datang ya maklum saja umur saya saat itu baru menginjak usia 6 tahun yang masih senang dengan keramaian, tidak bisa menonton TV yang bisa di dengar oleh kami apabila malam telah datang hanya suara katak dan jangkrik saja. Setelah berjalannya waktu saya baru merasakan betah tinggal di rumah saya dan mulai menemukan teman seusia saya, listrikpun mulai terpasang di perumahan kami.
Di tahun 2002 setelah lulus SD saya melanjutkan pendidikan di SLTP tepatnya di SLTPN 3 Cikampek yang lokasinya masih dekat dengan rumah tempat saya tinggal. Saya lulus menempuh pendidikan di SLTP pada tahun 2005. Setelah lulus menempuh pendidikan di SLTP saya meneruskan pendidikan lagi di SMA tepatnya SMAN 1 Jatisari yang lokasinya sangat jauh dari rumah tempat saya tinggal ±13Km. Sengaja saya mencari sekolah SMA yang jauh dari rumah agar saya dapat belajar mandiri karena saya anak yang manja ya maklum saja saya anak bungsu. Saya lulus menempuh pendidikan SMA pada tahu 2008, saya mempunyai tekad untuk hidup lebih mandiri lagi setelah lulus SMA agar saya dapat menghilangkan sikap manja saya.
Saya mempunyai cita-cita menjadi seorang perawat dan setelah lulus SMA saya mencoba mengikuti tes di Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta untuk mengambil jurusan Akademi Perawat, tetapi keberuntungan tidak memihak pada saya dalam mengikuti tes AKPER pada saat itu. Saya dinyatakan tidak lulus dalam tes tesebut. Saya sempat kaget saat menerima pengumuman bahwa saya tidak lulus dalam tes yang saya ikuti, tetapi apa boleh buat nasi telah mejadi bubur. Tapi pada saat itu saya tidak menyesal karena kalau hanya menyesal saja tidak ada gunanya. Disaat saya sedang bingung untuk mencari perguruan tinggi yang lain, saya mendapat panggilan menjadi mahasiswa di Universitas Gunadarma.
Saya memang pernah mengikuti try out di sekolah yang diselenggarakan oleh Universitas Gunadarma. Setelah cukup lama berdiskusi dengan orangrua akhirnya saya diijinkan untuk menempuh pendidikan di Universitas Gunadarma. Waktu berjalan dengan sendirinya tidak terasa saya sudah menginjak semester 5 menjadi mahasiswa Universitas Gunadarma, dan saya mulai mandiri semenjak menjadi mahasiswa, karena saya tinggal jauh dari kedua orangtua. Di Depok saya tinggal bersama bude(kakak dari ibu saya) sebenarnya saya ingin sekali tinggal di tempat kost dengan teman-teman agar dapat lebih mandiri dan dapat bersosialisasi dengan orang lain, tetapi kedua orangtua saya tidak mengijinkan saya untuk kost ujar mereka kurang baik seoranng gadis tinggal di tempat kost karena jauh dari bimbingan orangtua. Inilah sekelumit dari kisah hidup saya yang dapat saya paparkan disini, Wassalam Rani.

Topik PI M-Commerce

Insya Allah saya akan membuat PI tentang M-Commerce, yang akan saya bahas dalam PI ini adalah sebagai berikut:
1. Definisi M-Commerce
1.1. Tujuan dari membuat PI yang membahas tentang M-Commerce
1.2. Alasan membuat PI yang membahas tentang M-Commerce
1.3. Manfaat dari M-Commerce
Penjelasan singkat yang terdapat di atas dapat kita lihat penjelasan lebih rincinya seperti di bawah ini:

1. Definisi M-Commerce
Ada banyak definisi mengenai mobile commerce ini, atau lebih dikenal dengan M-Commerce, m-business, dan pervasive computing. Berikut adalah beberapa definisinya:
a. Segala bentuk transaksi dengan nilai moneter yang dilakukan melalui jaringan telekomunikasi bergerak / mobile (Durlacher, 2000)
b. Bentuk E-Commerce yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel / wireless.


1.1. Tujuan dari PI M-Commerce ini adalah:
a. Untuk mengetahui tentang sistem Wireless Application Protocol (WAP)
b. Untuk mengetahui perbandingan antara WAP dengan WEB
c. Untuk mempelajari tentang Bahasa Pemrograman WML
d. Untuk mengetahui arsitektur dan teknologi SMS
e. Untuk mengetahui tentang layanan aplikasi SMS
f. Untuk mengetahui cara membuat simulasi SMS Banking sederhana
g. Untuk mengetahui cara membuat simulasi SMS polling



1.2. Alasan Membuat Topik PI ini adalah:
Saya mengambil judul PI ini karena, saya ingin mengetahui lebih jauh bentuk transaksi yang dilakukan melalui jaringan mobile. Dewasa ini transaksi yang dilakukan melalui jaringan mobile juga sedang populer, dan selain itu transaksi yang dilakukan melalui M-Commerce ini juga dapat dilakukan disemua tempat dapat dilakukan melalui ponsel atau perangkat PDA lainnya. Setelah saya membaca materi M-Commerce ini saya tertarik untuk mengambil materi ini sebagai bahan PI yang akan saya buat.

1.3 . Manfaat M-Commerce:
a. Entri data melalui perangkat mobile akses melalui ponsel atau perangkat PDA lain. Pembeli juga dapat mengakses catalog pada perangkat mobile mereka
b. Perusahaan juga dapat melakukan promosi
c. Menunjukkan produk mereka
d. dan pelanggan dapat harga rincian dari setiap tempat.

SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DEWASA ini

A. Konsep Dasar Sistem Informasi
Secara sederhana sistem informasi dapat dikatakan sebagai ilmu yang diperlukan untuk mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan akurat. Isi dari ilmu tersebut dapat berupa teknik-teknik dan prosedur untuk menyimpan informasi secara efisien dan efektif. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah di olah. Informasi tersebut dapat disimpan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, gambar mati ataupun gambar hidup. Sehingga informasi akhirnya dapat berupa ilmu dan pengetahuan itu sendiri. Bila informasi tersebut volumenya kecil, tentunya tidak perlu teknik-teknik atau prosedur yang rumit untuk menyimpannya. Namun bila informasi tersebut dalam volume yang besar, diperlukan teknik dan prosedur tertentu untuk menyimpannya agar mudah mencari informasi yang tersimpan. Komputer mempunyai kapasitas untuk informasi dalam volume besar. Pada mulanya komputer hanya mampu menyimpan teks dan grafik sederhana saja. Namun dewasa ni komputer telah mampu menyimpan informasi dalam berbagai bentuk, misalnya dalam bentuk audio, visual, dan audio visual.
Teknologi Informasi (Information Tecnology) yang mulai populer di akhir tahun 70-an, dihantarkan untuk menjawab tantangan. pada masa sebelumnya, istilah tekonolgi komputer atau pengolahan data electronis atau EDP (Electronic Data Processing). Menurut kamus Oxford (1995), teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata, bilangan, dan gambar. Menurut Alter (1992), teknologi informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data.
Sedangkan menurut Martin (1999), tekologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi. Secara lebih umum Lucas (2000) menyatakan bahwa teknologi informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis, seperti mikrokomputer, komputer mainframe, pembaca barcode, software pemproses transaksi perangkat lunak untuk lembar kerja, peralatan komunikasi dan jaringan.
Everett M Rogers dalam bukunya Communication Technology (1986), mengemukakan teknologi informasi merupakan perangkat keras bersifat organisatoris dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu atau khalayak mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu atau khalayak lain. Haag dan Keen (1996) dalam Abdul Kadir dan Terra Ch Triwahyuni (2003:2) bahwa mengemukakan teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. William dan Sawyer (2003) yang dikutif Abdul Kadir dan Terra Ch Triwahyuni (2003:2) dalam bukunya pengenalan teknologi informasi mengemukakan teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Dari definisi diatas tergambar bahwa teknologi informasi baik secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain yang di sebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.
Penjelasan atas dua teknologi yang mendasari tekologi informasi adalah sebagai berikut. Pertama teknologi komputer adalah teknologi yang berhubungan dengan komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan denagn komputer seperti printer, pembaca sidik jari, dan bahkan CD-ROM. Komputer adalah mesin serba guna yang dapat di kontrol oleh program, digunakan untuk mengolah data menjadi informasi. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga dapat melakukan tindakan sesuai dengan yang dikehendaki pembuatnya. Data adalah bahan mentah bagi komputer yang dapat berupa angka maupun gambar, sedangkan informasi adalah bentuk data yang telah diolah sehingga dapat menjadi bahan yang berguna untuk pengambilan keputusan.
Kedua teknologi telekomunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh. Termasuk pada kategori teknologi ini adalah telepon, radio, dan televisi. Dari pernyataan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat juga berupa peranti peralatan elektronik lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya televisi). Hal yang terpenting adalah bahwa teknologi informasi itu melibatkan komputer dan telekomunikasi.
B. Sistem Informasi dalam Inovasi Pendidikan
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, ternyata telah disadari penerimaan pengakuan bahwa sudah bukan masanya mengandalkan pendekatan konvensional saja dalam menyelenggarakan sistem pendidikan nasional. Bukan hanya di ruang tertutup dengan buku dan pendidik yang setiap saat ditemui, diminta tolong menunjukkan sumber informasi peserta didik dapat memenuhi hasratnya untuk menjadi lebih pintar, lebih cerdas, lebih baik dan lebih sejahtera dalam hidupnya. Bagaimanapun juga transformasi pesan pembelajaran dengan mendayagunakan kemajuan teknologi pendidikan kiranya akan lebih memotivasi peserta didik.
Revolusi sistem informasi telah mengubah cara kerja manusia mulai dari cara berkomunikasi, cara memproduksi, cara mengkoordinasi, cara berpikir, hingga cara belajar dan mengajar. Bahkan kemajuan sistem informasi telah mengaburkan batas-batas organisasi, pasar dan masyarakat, mempersingkat batasan ruang dan waktu serta menyederhanakan kompleksitas.
Peranan sistem informasi pada aktivitas manusia saat ini memang begitu besar. Sistem informasi telah menjadi fasilitator utama bagi berbagai kegiatan tak terkecuali pada bidang pendidikan, diantaranya dalam bentuk. teknologi komputasi multimedia yang merupakan suatu era baru dalam dunia informasi modern yang telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir.
C. Peranan Sistem Informasi dalam pendidikan
Peranan sistem informasi pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan pribadi. Bagi organisasi, sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif, sedangkan bagi pribadi maka sistem ini dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan. Sistem informasi juga dapat melahirkan fitur-fitur baru dalam dunia pendidikan. Sistem pembelajaran berbasis multimedia dapat menyajikan materi pelajaran yang lebih menarik, tidak monoton, dan memudahkan penyampaian. Peserta didik dapat mempelajari materi tertentu secara mandiri dengan menggunakan komputer yang dilengkapi program berbasis multimedia.
Secara umum multimedia diartikan sebagai kombinasi teks, gambar, seni grafik, animasi, suara dan video. Yang tentunya ini sangat membantu sekali bagi pendidikan karena informasi yang dihasilkan memiliki nilai komunikasi interaktif yang tinggi. Artinya informasi bukan hanya dapat dilihat sebagai hasil cetakan, melainkan dapat didengar, membentuk simulasi, dan animasi yang dapat membangkitkan selera, dan memiliki nilai seni grafis yang tinggi dalam penyajiannya.
Sistem informasi sendiri merupakan sebuah proses belajar dan cara yang paling cepat untuk bisa secara seksama mempelajari berbagai ilmu dalam penggunaan komputer maupun perangkat lunak di dalamnya. Setiap kali membeli sebuah perangkat teknologi, bukan hanya komputer, seperti ponsel dan perangkat lunak, pasti ada buku petunjuk untuk memaksimalkan penggunaannya. Artinya, membaca dan belajar. Kemajuan dalam teknologi informasi mengisyaratkan untuk terus membaca dan belajar, tidak hanya pada teknologi yang baru ditemukan, tetapi juga pengembangan teknologi yang sudah ada.
Ada pepatah bisa karena biasa. Membiasakan anak-anak sekolah untuk menggunakan komputer di sekolah mungkin menjadi langkah awal dan penting untuk mengejar apa yang sekarang diperdebatkan dunia sebagai digital divide.
Kini sistem informasi mulai masuk ke dalam dunia pendidikan. sekolah mulai memanfaatkannya di dalam proses pembelajaran. Pendidikan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi untuk kepentingan proses pembelajaran. Selain alat tradisional berupa papan tulis, proses pembelajaran telah memanfaatkan overhead projector, slide, film, videotape, dan bahkan CD-ROM.
Pada saat ini, sistem informasi yang masuk ke dalam dunia pendidikan dan pembelajaran dapat kita golongkan ke dalam dua macam sistem. Pertama adalah sistem perangkat komputer dan kedua adalah sistem jaringan berupa intranet atau internet. Kedua sistem ini berkaitan satu dengan lainnya sehingga merupakan satu kesatuan.
D. Pemanfaatan Sistem Informasi dalam Lembaga Pendidikan
Pemanfaatan sistem informasi di sekolah akan menjadi suatu hal yang biasa di sekolah sebagai salah satu bentuk lembaga pendidikan secara formal. Namun sejauh mana sekolah dapat mendukung keberadaan sistem informasi ini masih bergantung kepada beberapa hal. Ada faktor dana dan biaya yang diperlukan oleh sistem informasi itu. Ada faktor keluasan pemakaiannya yakni seberapa jauh sistem informasi itu diadakan di sekolah. Ada pula faktor keterlibatan peserta didik pada sistem informasi itu. Sekolah perlu mengambil keputusan, bagian system informasi mana saja yang perlu didukung oleh sekolah. Pertimbangan ini mencakup banyak hal yang terbuka untuk dipikirkan bersama.
Dengan demikian secara sederhana dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah hasil kreasi manusia dalam mempermudah dan mempercepat penyebaran informasi untuk manusia yang disebarkan melalui berbagai media.
Pemanfaatan sistem informasi untuk pendidikan sistem informasi yang telah diterapkan dapat dikategorikan menjadi tiga kelompok. Kelompok yang pertama adalah memanfaatkan komputer untuk menyampaikan materi pengajaran itu sendiri, yang biasa dikenal dengan istilah Computer Assisted Instructional (CAI) atau Computer-Based Training (CBT). Pada pemanfaatan jenis ini, informasi (materi belajar) yang hendak disampaikan kepada peserta ajar dikemas dalam suatu perangkat lunak. Peserta ajar kemudian dapat belajar dengan cara menjalankan program atau perangkat lunak tersebut di komputer. Bila dirancang dengan baik, dapat diciptakan paket program belajar sehingga peserta dapat melakukan simulasi, atau juga dapat memberikan umpan balik kepada peserta ajar kemajuan belajarnya.
Pemakaian kelompok kedua adalah untuk pendistribusian materi ajar melalui jaringan Internet. Materi ajar dapat dikemas dalam bentuk webpage, ataupun program belajar interatif (CAI atau CBT). Materi ajar ini kemudian ditempatkan di sebuah server yang tersambung ke internet sehingga dapat ambil oleh peserta didik baik dengan menggunakan Web-Browser ataupun File transport Protocol (Aplikasi Pengiriman File).
Pemanfaatan kelompok ketiga adalah sebagai media komunikasi dengan pakar, atau nara sumber, atau peserta didik yang lain. Komunikasi ini dapat digunakan untuk menanyakan hal-hal yang tidak bisa di mengerti, atau mengemukakan pendapat supaya dapat ditanggapi oleh peserta yang lain. Dengan demikian peserta didik bisa mendapat umpan balik dari pakar atau nara sumber serta dari teman peserta didik yang lain mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemahaman materi ajar.
E. Peranan Lembaga Pendidikan dalam Pemanfaatan Sistem Informasi
Hal berikutnya adalah bagaimana sikap dan peranan lembaga pendidikan terhadap sistem informasi. Ada sejumlah hal yang memerlukan pertimbangan dari lembaga pendidikan atau, dalam hal ini, sekolah. Pertama, sekiranya mampu, perlukah sekolah melakukan investasi dalam teknologi informasi. Pada zaman sekarang, banyak orang menjawab “ya”. Sekolah sudah perlu memiliki perangkat sistem informasi untuk keperluan administrasi sekolah. Sistem informasi ini dapat diperluas sampai ke hubungan dengan internet. Lebih luas lagi, sekolah dapat memiliki website. Dan kalau mampu, sekolah dapat juga membangun jaringan sekolah yang dapat menghubungkan berbagai ruangan dengan intranet.
Kedua, apakah sekolah perlu menyediakan sistem informasi untuk keperluan pembelajaran peserta didik. Apakah sebaiknya, masing-masing peserta didik mempunyai komputer sendiri untuk keperluan mereka di dalam pembelajaran. Jika mampu, sebaiknya, kedua cara ini ditempuh secara bersama-sama. Selain sekolah menyediakan perangkat teknologi informasi, setiap peserta didik juga memiliki sistem informasinya sendiri.
Ketiga, jika sekolah menyediakan komputer untuk membelajaran, maka dimanakah komputer diletakkan. Di sini terdapat beberapa pilihan. Komputer itu dapat ditempatkan di dalam satu ruang sehingga ruang itu menjadi ruang komputer. Komputer itu dapat juga ditempatkan di dalam ruang kelas dan diletakkan di bawah meja sehingga di setiap meja terdapat komputer. Komputer dapat juga diletakkan di perpustakaan sehingga merupakan salah satu sarana untuk pencarian informasi. Dapat juga, sekolah menyediakan terminal colokan sehingga peserta didik dapat mencolokkan komputernya ke terminal itu untuk berhubungan dengan jaringan sekolah.
Keempat, jika sekolah menyediakan sistem informasi di sekolahnya, apakah sekolah perlu menginstalasi jaringan sekolah yang menghubungkan ruangan dan gedung di sekolah itu. Jika mampu, jaringan sekolah bermanfaat untuk berbagai keperluan termasuk keperluan belajar pada peserta didiknya. Kelima, jika sekolah akan menyediakan sistem informasi untuk keperluan administrasi dan pembelajaran, maka masalah yang muncul adalah perawatan alat teknologi informasi itu. Tidak sedikit sekolah yang telah memiliki komputer namun belum siap dengan perawatannya. Karena itu, setiap sekolah perlu siap dengan perawatan alat teknologi informasi yang dimilikinya itu.
F. Sistem Informasi sebagai jembatan menuju Realitas Pembelajaran
Perkembangan Sistem Informasi yang mampu mengolah, mengemas dan menampilkan serta menyebarkan informasi pembelajaran baik dalam medium audio, visual, audio visual bahkan multi media, dewasa ini telah mampu mewujudkan apa yang disebut dengan Virtual Learning. Konsep ini berkembang sehingga mampu mengemas kondisi dan realitas pembelajaran sebelumnya menjadi lebih menarik dan memberikan pengkondisian secara adaptif pada si pembelajaran di manapun mereka berada.
Memang upaya ke arah tersebut banyak dicontohkan dengan munculnya konsep e-learning. Di mana secara realitas bahwa pembelajaran itu tidak sulit walaupun dibatasi olah ruang dan jarak yang tidak mungkin jika dilakukan secara nature, akan tetapi justru realitas yang diharapkan ini mampu diwujudkan melalui konsep e-learning ini.
Pada bagian ini penulis akan mendeskripsikan realitas pembelajaran yang ditujukan pada hakikat informasi sebagai sumber belajar sebagai produk teknologi informasi. Di mana informasi disini dapat diklasifikasikan menjadi informasi elektronik, karena mereka akan ditampilkan melalui elektronik pembelajaran. Kita semua sudah mulai familier dengan konsep dan realitas serta implementasi bahkan sampai dengan tahap pengembangan e-learning , maka realitas pembelajaran ini pada dasarnya berjalan di atas jembatan atau medium yang kita kenal dengan Teknologi Informasi.
Sampai saat ini pemanfaatan informasi melalui teknologi elektronik dalam proses pembelajaran tidak hanya berlaku bagi individu (khususnya peserta didik) tetapi juga bagaimana sender dalam hal ini pendidik mampu memanfaatkannnya untuk kepentingan pengemasan informasi belajarnya. Dalam posisi kita sebagai pendidik dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajar sehari-hari. Beberapa manfaat yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:
1. Memperluas “”background knowledge” Pendidik.
2. Pembelajaran yang Oinamis dan Fleksibel
3. Mengatasi Keterbatasan Bahan Ajar
4. Kontribusi dan Pengayaan Bahan Ajar
5. lmplementasi SAL – CBSA
G. Interaksi Pembelajaran yang Dikemas Melalui Sistem Informasi
Untuk memberikan ilustrasi yang familier dengan masyarakat belajar dewasa ini, maka saya mencoba untuk mengenalkan terlebih konsep internet, sebagai salah satu bentuk prosedur dan cara kerja hasil inovasi sistem informasi dewasa ini, terutama bagaimana internet mengelola informasi. Selanjutnya bagaimana interaksi pembelajaran dikemas dalam bentuk produk independent untuk kepentingan program PC sederhana dalam arti untuk kepentingan pembelajaran tertentu.
1) Bagaimana Informasi Berjalan Melalui Internet
Secara topologis internet menghubungkan komputer individual ke komputer lainnya .. yang dibangun dalam suatu jaringan kerja (network). Internet adalah sejumlah hubungan antar jaringan kerja (interconnected networks). Personal komputer dan pesawat kerja (workstations) dihubungkan ke sebuah Local Area Network (LAN) yang sebagian diantaranya dihubungkan dengan menggunakan koneksi dial-up melalui sebuah modem dan jalur telepon standar atau dengan menggunakan kabel langsung ke LAN. Model lain yang memungkinkan informasi terkirim melalui internet adalah koneksi T -1 dan dedicated lines. Bridges dan hubs menghubungkan (link) jaringan kerja ganda ke yang lainnya. Routers mentransmisikan data melalui jaringan kerja dan menentukan path terbaik untuk transmisi.
Semua informasi yang ditransmisikan melalui internet dikemas dalam bentuk data yang terbagi kedalam unit-unit kecil yang disebut packets. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengirimkan data, membagi sebuah dokumen.yang berukuran besar menjadi beberapa packets .untuk ditransmisikan; perangkat lunak pada komputer penerima mengel6mpokkan kembali packet- packet yang datang menjadi dokumen aslinya kembali. Packet dapat dianalogikan dengan kartu pas, dimana terdapat header (kepala kartu pos), content (isi kartu pos), dan footer (kaki kartu pos).
Sejumlah aturan yang dikenali sebagai computer communication protocols yang bekerja menspesifikasi menetapkan bagaimana packet tersebut diproses. Sejumlah protokol digunakan dalam internet disebut TCP/IP yang merupakan kependekan dari dua istilah untuk Transmission Control Protocol dan Internet Protocol. Perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan jaringan kerja dengan internet disebut IP routers. Hal ini dikarenakan mereka mengikuti IP protocol ketika paket dikirimkan. Router niemeriksa header pada setiap paket.yang datang untuk selanjutnya menetapkan tujuan packet. Router selanjutnya mengirimkan packet ke komputer tujuan melalui LAN atau melanjutkannya ke router lainnya yang lebih dekat dengan tujuan akhirnya. Dengan demikian packet berjalan dari router ke router lainnya saat ia melalui internet.
Protokol TCP/IP memungkinkan protocols untuk secara otomatis mendeteksi dan memperbaiki masalah transmisi. Sebagai contoh, jika sejumlah jaringan kerja atau perangkat yang memiliki fungsi yang banyak (multi function) menemukan kesalahan, maka protokol akan mendeteksi kesalahan tersebut dan secara otomatis akan menemukan alternatif path sehingga memungkinkan packets untuk menghindari kegagalan penggunaan (malfunction). Perangkat lunak protocol juga akan mengecek kelengkapan packets yang diterima, jika sebagian dari paket hilang atau rusak maka protokol akan memunculkan permintaan agar kita mengulang kembali pengambilan data yang hilang atau rusak tadi. Hanya jika data yang diterima secara benar yang akan yang dapat disajikan.
2) Bagamana Belajar Melalu Internet
Setelah kita mengenalbeberapa hal dalam Internet, kita dapat menggunakan Internet sebagai sarana untuk mencari data atau informasi. Fasilitas yang dapat memudahkan anda melakukan pencarian data dan informasi di Internet adalah fasilitas Search. Dengan fasilitas Search ini anda dapat dengan mudah mencari suatu halaman Web, mencari nama, ala mat surat atau e-mail seseorang, mencari nama suatu perusahaan atau organisasi tertentu, menampilkan peta lokasijdaerah tertentu, mencari artikel atau organisasi atau topik tertentu pada ensiklopedia serta mencari berita atau topik diskusi tertentu pada Newsgroups. Untuk menggunakan fasilitas Search, ikuti langkah berikut ini: Aktifkan Internet Explorer, kemudian pilih dan klik menu View, Explorer Bar, Search (ctrl+E) atau cukup klik tombol tool bar search. .’ Pada jendela Explorer Bar” Search tersebut, beri tanda atau klik tombol pilihan kategori pencarian yang anda inginkan. Anda dapat memilih kategori untuk mencari suatu halaman web tertentu, mencari nama, alamat surat atau e-mail seseorang. Pada kotak isian yang telah disediakan , ketikkan”kata kunci yang ingin anda gunakan sebagai dasar pencarian.
Kunci pencarian yang ditulis dalam semua caa penulisan. Namun jika kunci pencarian ditulis dengan kombinasi huruf besar dan kecil, maka hasil temuan pencarian pencarian hanya menampilkan yang ditulis tepat sarna dengan kunci pencarian tersebut.
Untuk mencari ungkapanjfrase lengkap, maka tuliskan kunci pencariannya di dalam tanda petik. Misalnya anda ingin mencari informasi tentang “Sekolah2000”. Anda dapat juga mencari informasi informasi yang kunci pencariannya “ menggunakan Wildcard. Mjsalnya anda ingin mencari informasi yang diawali teks ”Sekolah”, untuk itu ketik kata kunci pencarian “sekolah” Klik tombol perintah Search atau tekan tombol Enter untuk melaksanakan pencarian hingga kata kunci yang anda masukkan ditemukan. Hasil pencarian biasanya lebih dari satu halaman Web, untuk menampilkan halaman web hasil pencarian, klik tombol Next.
http://walangkramat.wordpress.com

Selasa, 05 Oktober 2010

VR920



Sumber: techblog-bg.blogspot.com